Perkembangan Malware Android | Dalam Sejarah - BLOG KONTROVERSI INDONESIA™
Home » , » Perkembangan Malware Android | Dalam Sejarah

Perkembangan Malware Android | Dalam Sejarah

Artikel mengenai perkembangan malware android ini adalah sebagai bahan pengetahuian dasar dan wawasan bagi user smartphone android agar senantiasa berhati-hati, dan tidak mudah percaya dengan berbagai kegiatan yang sekiranya dapat berakibat fatal.
Pada mulanya anggapan berbagai kalangan bahwa android adalah sebuah operating system yang bersih dan akan terbebas dari ancaman virus dan malware. Anggapan tersebut berdasarkan penglihatan sepintas karena android berbasis linux.
Tetapi pada kenyataannya perkembangan malware android justru berkembang sangat pesat dan cukup membuat berbagai kalangan terkejut dan bahkan ada yang dengan secara langsung terancam terbongkar privasi dan data penting seorang user android.
Perkembangan malware android yang telah terjadi dalam sejarah perkembangannya adalah sebagai berikut :
1.   Serangan malware android yang cukup signifikan terjadi pada bulan jaruari 2010. Pada saat itu muncul sebuah aplikasi yang mengaku sebagai bankink client, yang siap membantu mengelola keuangan perbankan secara online. Aplikasi ini dikembangkan oleh sebuah developer yang bernama Droid09 itu bekerja dengan cara mencuri data user seperti username dan password untuk login ke akun internet banking.
2.   Insiden yang melibatkan android yang terpublikasi secara luas adalah terjadi pada bulan maret 2010. Pelakunya ternyata sebuah developer yang cudah terkenal dalam dunia gadget yaitu Vodafone. Sementara klarifikasi dari pihak Vodafone itu bukan lah sebuah kesengajaan. Semuanya berasal ketika Vodafone mendistribusikan sebuah gadget dengan kartu SD yang telah terisi Marifosa Botnet. Marifosa botnet akan menginfeksi system operasi jika kartu SD atau gadget tersebut dihubungkan ke komputer melelui USB
3.   Sebuah aplikasi game di terbitkan di android market pada bulan juli 2010. Game tersebut ternyata hanya sebuah pengintai atau spyware, yang mengintai keberadaan gadget android melalui fitur GPS.
4.   Selang sebulan berikutnya lahirlah sebuah sms Trojan pertama untuk android yang beredar di rusia. Dengan menyamar sebagai sebuah aplikasi multimedia player. Pada saat di install aplikasi ini akan meminta ijin untuk mengirim sms. Pengguna yang tidak curiga akan terus melanjutkan installasi. Trojan ini akan terus berulang kali mengirim sms kesebuah layanan premium dan memotong pulsa sebesar 170 rubel atau sekitar $6.
5.   Dua orang peneliti yang bernama Jon Oberheide dan Zach Lanier bereksperimen dengan membuat aplikasi untuk android yang bisa mengundh aplikasi lain tanpa pemberitahuan dan tanpa ijin pengguna. Keduanya membuktikan konsep malware pada android dengan menumpang pada sebuah game yang sangat populer yaitu Angry Birds. Malware ini sama sekali tidak mengandung malicious code, tapi hanya menyamar sebagai bonus level pada game angry birds. Ketika angry birds mencapai bonus level ini dan menginstallnya, sebenarnya tidak ada konten yang berkaitan dengan angry birds melainkan konten lain kedalam android yang digunakan.
6.   Dua buah malware muncul di china bernama ADRD dan PjApps. Keduanya sebenarnya berasal dari android market, tetapi berhasil di bajak, di modifikasi dan disebar ulang setelah di beri malicious code. Malware android ini muncul pada kisaran Januari dan Februari 2011
7.   Lahirnya Malware android pertama yang berhasil menembus android market bernama Myournet/DroidDream. Malware android ini lahir pada bulan Maret 2011. Malware ini berhasil melakukan root terhadap peranti android. Setelah melakukan root, Myournet/DroidDream akan mengunduh dan mengistall aplikasi lain ke peranti android. Hebatnya juga pada bulan itu Google’s solution, the android market security tool berhasil dibajak dan diubah menjadi malware di China. Korban Myournet mencapai 50.000 user smartphone android
8.   Pada bulan april sebuah aplikasi yang bernama Walk and text berhasil dibajak dan disusupi malware. Modusnya dengan cara menginfeksi gadget android dengan cara membaca daftar kontak dan mengirim mereka sms berisi teks tertentu.
Perkembangan malware android memang terjadi dengan pesat. Hal ini membuktikan bahwa mitos android tidak dapat kena virus, terpatahkan sudah. Bagi anda pengguna gadget android berhati-hatilah. Sekian dulu postingan mengenai perkembangan malware android | dalam sejarah semoga bisa bermanfaat, dan membuat kita sebagai user menjadi hati-hati dalam bertindak.
Terima kasih telah membaca artikel mengenai perkembangan malware android | dalam sejarah, di blog aye.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Siapa saja boleh berkomentar, asal jangan spamming dan kalau bisa sesuai dengan tema blog ini Belajar Bersama | Diskusi Bersama | Maju Bersama

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BLOG KONTROVERSI INDONESIA™ - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger