Home » » Langkah Penting Untuk Mengamankan Android

Langkah Penting Untuk Mengamankan Android

Hallo sobat netter.... jumpa lagi dengan aye di blog kontroversi Indonesia. Pada kesempatan yang telah lalu aye membahas tentang sejarah malware android, dan juga sebuah artikel yang berjudul malware android siap ramaikan tahun 2012. Nah sebagai session lajutan, kali ini aye akan membawakan sebuah tips untuk mengamankan smartphone android kita.
Untuk mengantisipasi serangan malware pada android yang diperkirakan akan meningkat pada tahun 2012, kita harus membuat beberapa langkah penting.
Tapi sebelumnya kita harus tahu kenapa akhir-akhir ini di kabarkan bahwa android sangat rentan dengan berbagai serangan.
Hal ini disebabkan karena android adalah sebuah system operasi yang terbuka. Karena setiap orang bisa mengembangkan berbagai aplikasi dan selanjutnya bisa di sebarkan di android market, dengan mudah dan tanpa verifikasi yang ribet.
Langkah penting untuk mengamankan android yang akan aye bahas emang tidak menjamin 100 % membuat android kita selamat dari ancaman. Tapi walau begitu, setidaknya bisa mengurangi resiko akan terjadinya musibah pada gadget kita.
Oke sobat ini dia beberapa langkah penting untuk mengamankan android
1.   Install aplikasi security.
Dengan menginstall antivirus dan anti malware akan membuat system lebih aman dan terhindar dari berbagai serangan dari luar.
2.   Lakukan update secara rutin
Sebaik apapun sebuah program atau system keamanan, tentu tidak akan bertahan kalau kita tidak melakukan update secara rutin dan berkala.
3.   Aktifkan selalu lock screen
Dengan mengaktifkan fitur ini dapat mencegah orang lain untuk mengintip berbagai data penting yang di simpan pada gadget kita. Serta aktifkan pula mode screen timeout dengan menggunakan perlindungan password
4.   Hindari menyimpan data penting
Seandainya kita menyimpan berbagai data penting seperti informasi akun bank, nomor kartu kredit, atau yang lainnya. Hal ini dapat meminimalisir tangan jahil para hacker ketika kita sedang berselancar di internet. Kalau hal itu tidak bisa dihindari, maka gunakanlah aplikasi proteksi atai enskripsi data.
5.   Teliti  bila akan mendownload aplikasi
Berbagai pengembang dapat dengan mudah menyebarluaskan berbagai aplikasi melalui android market. Bukan hal yang tidak mungkin apabila aplikasi yang kita unduh itu mengandung virus atau sejenisnya.
6.   Hindari melakukan root
Setelah melakukan root, kita akan mendapatkan akses sepenuhnya pada system android, hal ini akan mempermudah sebuah malware untuk singgah dan akhirnya mengancam keselamatan gadget kita. Sebelum melakukan root, peluang untuk mendapatkan serangan malware selalu ada, jadi apalagi kalau kita melakukan root. Sudah pasti peluangnya akan semakin besar.
7.   Biasakan melakukan backup data
Biasanya user akan menganggap backup adalah hal yang tidak penting, padahal hal tersebut dapat menjaga kita akan kehilangan data penting jika suatu saat terjadi kecelakaan, seperti gadget rusak atau hilang.
8.   Gunakanlah aplikasi anti theft
Dengan menggunakan aplikasi ini bisa menjadi dewa penolong saat android kita hilang, biasanya akan mampu mengunci system dari jarak jauh agar tidak bisa digunakan orang lain. Bila keberuntungan masih berpihak kepada kita, kita bisa melacak keberadaan android kita. Tapi kalau tidak ketemu paling tidak data kita tidak akan dapat di buka orang lain dan di salah gunakan.

Nah sobat itulah beberapa langkah penting untuk mengamankan android. Dengan melakukan beberapa hal di atas mudah-mudahan dapat meminimal kan terjadinya serangan malware, ataupun serangan dari tangan-tangan jahil.
Sekian dulu postingan kali ini semoga bermanfaat, dan selamat mencoba
Terima kasih telah membaca artikel mengenai langkah penting untuk mengamankan android di blog aye.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Siapa saja boleh berkomentar, asal jangan spamming dan kalau bisa sesuai dengan tema blog ini Belajar Bersama | Diskusi Bersama | Maju Bersama

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BLOG KONTROVERSI INDONESIA™ - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger