Home » » Arti dari Sebuah Pribahasa

Arti dari Sebuah Pribahasa

Berbagai pribahasa sebenarnya sangat identik dengan kehidupan manusia. Seperti sebuah pribahasa dalam bahasa sunda Ngaco, Ngaca, Ngaci.
Jika ditelaah lebih dalam, itu adalah sebuah tata bahasa yang sangat indah dan terjadi dalam kehidupan nyata pada diri manusia. Serangkaian perubahan kepribadian dalam diri manusia, dari mulai anak-anak sampai tua bagaikan proses metamorfosa.
1.   Ngaco
Pada awal nya banyak manusia mengalaminya, meskipun tidak semua. Ngaco dalam bahasa sunda berarti bertingkah tidak sesuai dengan aturan, semau sendiri, dan tidak pernah memperhatikan, apakah orang lain merasa terganggu oleh nya.
2.   Ngaca
Manusia mulai berfikir untuk langkah hidupnya. Ngaca dalam bahasa sunda berarti bercermin. Manusia bercermin pada tingkah laku yang pernah dilakukan pada masa lalu.
3.   Ngaci
Manusi mulai menikmati hasil jerih payahnya. Setelah berubah prilaku pada masa ngaca, maka pada masa ngaci, manusia menikmati apa yang telah diperbuatnya selama hidupnya. Bila saat muda nya baik maka hal kebaikan yang akan didapat dan juga sebaliknya. Atau dalam istilah lain disebut menikmati hari tua.

Sebagai manusia yang baik sebaiknya kita renungkan peribahasa tersebut. Karena istilah ngaco, ngaca, ngaci, merupakan penerjemahan dari berbagai fase kehidupan manusia.
Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Siapa saja boleh berkomentar, asal jangan spamming dan kalau bisa sesuai dengan tema blog ini Belajar Bersama | Diskusi Bersama | Maju Bersama

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BLOG KONTROVERSI INDONESIA™ - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger