Home » , » Cara Bijak Menghadapi Musibah

Cara Bijak Menghadapi Musibah

Yang namanya musibah tentu saja tidak dapat di cegah, semuanya telah ditakdirkan oleh Alloh SWT. Seberapa besarpun keinginan kita untuk tidak mendapat musibah, tapi kalau Alloh sudah memutuskan maka kita akan merasakannya.
Musibah yang kita hadapi tidak bisa diatasi dengan berbagai bentuk yang salah. Contohnya dengan kemarahan dan menyalahkan orang lain menjadi penyebab dari semua itu.
Semua musibah yang kita hadapi harus dihadapi dengan bijak. Karena dengan cara inilah kita akan merasakan berkurangnya beban yang kita hadapi.
Pada kesempatan ini aye akan memberikan tips sederhana tentang cara bijak menghadapi musibah. Tapi sebelumnya bukan aye bermaksud menggurui atau merasa sok tahu. Karena yang namanya musibah tentu dirasakan sangat berat.
1.   Yang pertama kali kita harus lakukan adalah dengan mengingat Alloh. Kita harus yakin bahwa Dia memberikan semua itu karena Dia menyayangi kita. Bukan justru sebaliknya menyalahkan Alloh, dan beranggapan Kalau Dia itu jahat dan membenci kita.
2.   Lihat kedalam diri kita
Apa yang telah kita perbuat, karena semua hal yang menimpa umat manusia adalah hasil perbuatan manusia itu sendiri. Baik yang berupa kebaikan yang dibalas kebaikan, ataupun keburukan yang dibalas keburukan.
3.   Evaluasi diri
Langkah kita kebelakang harus kita telusuri.
§  Kalau langkah kita terasa baik, dan selalu patuh pada semua ajaran Nya, maka kita harus berbanggna hati, karena itu merupakan sebuah ujian. Barang siapa yang mengalami ujian maka akan mempunyai harapan untuk lulus dari ujian dan akan mendapatkan hasil yang lebih baik dari sebelumnya.
§  Kalau langkah kita terasa pincang atau tidak lurus, maksudnya kadang kita patuh kadang kita melawan apa yang diperintahkan Alloh, maka kita juga harus berterima kasih. Karena itu semua berbentuk peringatan kepada kita. Dan itu berarti kita masih mendapat perhatian lebih dari Alloh karena kita telah diperingatkan bahwa langkah kita salah dan semoga tidak terjerums lebih dalam
§  Kalau langkah kita kebelakang ternyata salah dan sama sekali tidak pernah melakukan apa yang diperintahkan Alloh. Maka kita harus mawas diri karena itu berbentuk siksaan. Tapi dibalik itu kita harus yakin kalau kita masih dikasihi Nya karena kita masih diberi kesempatan untuk berbenah diri agar tidak terlena dalam hal yang tidak disukai Alloh
4.   Dekatkan diri kepada Alloh dan teruslah menyebut nama-Nya. Sebagai mana diperintahkan bahwa manusia diwajibkan menyebut nama Alloh dari pagi sampai sore, dan dari sore sampai pagi lagi. Dan itu tidak perlu dilakukan sepeti orang gila yang berbicara sendiri sepanjang jalan, walaupun sedang berdzikir. Cukup lakukan dalam hati karena akan berakibat hati kita akan selalu ingat kepada Alloh.
Semua derita atau musibah yang kita rasakan, akan segera di cabut oleh Alloh sebagai mana janji-Nya.
Sekian dulu tips cara bijak menghadapi musibah, semoga bermanfaat dan membuat kita belajar daripengalaman, dan akan lebih baik diwaktu yang akan datang
Terima kasih telah membaca artikel mengenai cara bijak menghadapi musibah di blog aye.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Siapa saja boleh berkomentar, asal jangan spamming dan kalau bisa sesuai dengan tema blog ini Belajar Bersama | Diskusi Bersama | Maju Bersama

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BLOG KONTROVERSI INDONESIA™ - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger