Zat Kimia Berbahaya Pada Makanan - BLOG KONTROVERSI INDONESIA™
Home » , » Zat Kimia Berbahaya Pada Makanan

Zat Kimia Berbahaya Pada Makanan

zat kimia berbahaya pada makanan
Makanan dikonsumsi agar kita dapat bertahan hidup, dan untuk dapat hidup dalam keadaan sehat maka kita harus mengkonsumsi makanan yang sehat pula. Tapi apa jadinya kalau ternyata makanan yang kita konsumsi mengandung zat-zat kimia berbahaya ?

Sobat netter ... tanpa kita sadari dalam berbagai jenis makanan sebenarnya mengandung bahan bahan yang berbahaya untuk tubuh. Meskipun kadarnya gak banyak tapi sebenarnya dapat berbahaya juga kalau dikonsumsi secara terus menerus.
Sobat beberapa jenis zat kimia berbahaya pada makanan dapat anda lihat pada keterangan di bawah

1.   Saccharine ( sakarin )
Sakarin digunakan sebagai bahan pemanis buatan pengganti gula. Konon katanya manisnya sakarin sekitar 500 kali lebih manis dari gula asli. Sakarin berbentuk butiran Kristal putih dan tidak berbau dan rasanya manis.
Bahaya sakarin dapat meningkatkan potensi terjadinya kanker kandung kemih. Badan peneliti makanan amerika menganjurkan untuk membatasi penggunaan sakarin jangan sampai lebih dari 1 gr per hari nya.

2.   Cyclamate ( Siklamat )
Siklamat adalah serbuk Kristal putih yang tidak beerbau, kadar manis siklamat berkisar 30 kali lebih manis dari gula tebu asli. Meskipun rasanya lebih manis, bila kandungannya berlebihan akan mengakibatkan perubahan rasa, yang semula manis akan menjadi getir mendekati pahit. Dengan adanya kadar siklamat 200 mg per ml dalam medium sel leukosit dan manolayer manusia dapat menimbulkan kromosom sel-sel darah tersebut pecah. Di beberapa Negara eropa, penggunaan siklamat sudah dilarang karena termasuk bahan kimia berbahaya pada makanan.

3.   Nitrosamine
Bahan kimia ini berbentuk Kristal bening mendekati kuning. Nitrosamine dapat berbentu serbuk, butiran atau bahkan bongkahan besar yang tidak berbau.penggunaan nitrosamine biasanya untuk mempertahankan warna asli daging dan memberikan aroma yang khas pada makanan kornet, sosis, keju, dendeng, ham dan yang lainnya
Kandungan nitrosamine  dalam keju dianjurkan tidak melewati 50 ppm. Sedangkan untuk pengawet daging dan pemberi aroma yang khas berkisar 150 – 500 ppm

4.   Monosodium Glutamate ( MSG )
Monosodium glutamate atau penyedap rasa masakan sering digunakan oleh masyarakat. Dari mulai untuk kosumsi sendiri sampai untuk skala yang lebih besar sepertu rumah makan atau catering. Mungkin kita tidak menyadari kalau sebenarnya MSG merupakan bahan kimia berbahaya pada makanan ( untuk penggunaan yang melewati batas )
Pada hewan percobaan penggunaan MSG dapat menyebabkan degenerasi dan nekrosi sel-sel neuron dan sel syaraf dalam retina. Penggunaan MSG yang berlebihan dan berkepanjangan, dapat meningkatkan potensi terkena kanker hati, kanker ginjal, kanker otak dan dapat merusak jaringan lemak.

Nah sobat netter itulah sedikit uraian mengenai beberapa bahan kimia berbahaya pada makanan. Jadi sebaiknya kita berhati-hati dalam memilih makanan dan sebaiknya hindarilah makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Sekian dulu postingan kali ini semoga bisa bermanfaat. Bagi anda yang mau menambahkan, silahkan saja karena masih banyak zat-zat kimia berbahaya yang terdapat pada makanan.
Terima kasih teelah membaca arikel zat kimia berbahaya pada makanan di blog aye.
Share this article :

26 comments:

  1. Namanya aja udah bikin merinding...pantes aja kalau bahaya dampaknya.
    Thanks sharingnya...kalau sempet mampir juga ke blog saya http://penerjemahan.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. suangat-suangat berbahaya,,,
    ini yg selalu saya takutkan kalo istri beli makanan dari luar ,,,,

    wilujeng ngeblog

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak perlu takut gan, yang penting hati-hati dalam memilih

      Delete
  3. daripada beli snack, enakan bikin snack sendiri. bahannya yg alami semua, gk perlu yg kimia seperti ini...

    ReplyDelete
  4. Nice info.! Biar ngak sembarang makan
    Salam kenal gan, visit Blog ane http://rahmatdi99.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga sob. Makasih dah berkunjung

      Delete
  5. Memang perlu hati-hati di jaman sekarang untuk memilih makanan yang akan di knsumsi, info menarik nih salut slalu ada ide.

    ReplyDelete
  6. Hati-hati memilih makanan... sehat ada di tangan kita :D

    ReplyDelete
  7. danger nih makanan jaman sekarang,, mesti extra hati2 nih.. :D
    kunjung balik ya.. :D

    ReplyDelete
  8. kunjungan malam neng, lama gak mampir kesini, dah kangen ama blogx neng

    ReplyDelete
  9. Wuih serem amat, mesti hati hati nih dalam memilih makanan ^_^.

    ReplyDelete
  10. sangat bermanfaat artikelnya sobat, terutama untuk menambah pengetahuan saya,...
    saya numpang follow 38 ini sob.untuk persahabatan
    jangan lupa follow balik ya sob
    terima kasih

    ReplyDelete
  11. wah jadi takut dengan zat2 kimia yang berbahaya
    tapi mesti gimana , hampir semua makanan memakainya ...

    ReplyDelete
  12. yang namanya "BUATAN" pastilah mengandung bahan kimia dan senyawa lainnya yang sebenarnya sangat berbahaya pada manusia, kalau saya..mending memakai pemanis asli...gula asli, memang lebih mahal harga-nya, tapi lebih aman :)

    ReplyDelete
  13. Waduh msg itu banyak banget kita jumpai di produk2 makanan instan dan penyedap, hmmm kayaknya harus mengurangi konsumsi makanan yang mengandung msg dan bahan kimia ini

    ReplyDelete
  14. walaupun terlambat,,, ane bisa hadir,, minta ijin dan ikut nyimaknya... salam sejahtara...

    ReplyDelete
  15. terima kasih informasinya, sangat bermanfaat.

    www.kiostiket.com

    ReplyDelete
  16. Terima kasih infonya gan.....
    infonya sangat bermamfaat.....
    salam kenal dan salam sukses..
    mantap......

    ReplyDelete

Siapa saja boleh berkomentar, asal jangan spamming dan kalau bisa sesuai dengan tema blog ini Belajar Bersama | Diskusi Bersama | Maju Bersama

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BLOG KONTROVERSI INDONESIA™ - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger