Home » » Cara Membasmi Virus Shortcut

Cara Membasmi Virus Shortcut


cara membasmi virus shortcut
Sobat netter pada kesempatan ini aye akan mencoba membahas mengenai cara memberantas virus shortcut. Setelah beberapa minggu absen dari dunia blogging, rasanya kangen banget ingin menulis banyak hal yang tersimpan di otak. Tapi apa yang terjadi ………….?
Pertama kali menyalakan komputer, kok lelet banget ya… aye gak begitu peduli dengan keadaan ini, karena aye pikir wajar lah namanya juga komputer jadul. Selanjutnya aye berniat meneruskan menulis artikel yang tertunda, dan di simpan di flashdisk. Lalu pas aye buka semua dokumen hilang, dan digantikan dengan banyak sekali shortcut yang berserakan.
Pada langkah berikutnya aye berfikir ada yang gak beres nih… pasti kena virus waktu di rental anak SMA. Tanpa pikir panjang aye format aja tuh flashdisk biar bersih. Lalu aye isi lagi dengan satu folder mp3, kemudian cabut flashdisk dan aye pasang kembali untuk membuktikan apakah virus telah hilang untuk selamanya. Tapi apa yang terjadi…? Keadaan gak berubah folder yang aye simpan itu hilang dan berganti dengan shortcut Mp3.
Setelah selama tiga hari tiga malam aye semedi di atas pohon jengkol akhirnya aye dapat wangsit kalau ada cara yang lumayan ampuh untuk menghilangkan virus shortcut dari komputer aye.
Sekilas mengenai virus shortcut, adalah virus yang gak terlalu berbahaya emang, tapi sangat menjengkelkan sekali banget deh pokok nya. Kadang dia tidak terdeteksi keberadaannya oleh beberapa antivirus. Virus shortcut biasanya menyebar lewat flashdisk yang sudak terinfeksi. Selain membentuk file induk pada komputer, dia memiliki beberapa ekor anak buah yang bernama
  1. autorun.inf
  2. Dekstop.ini
  3. fanny.bmp
  4. Thumb.db
  5. serta beberapa shortcut yang berekstensi .lnk  ( ekstensi ini adalah LNK bukan INK )
Pada saat menginfeksi komputer Virus Shortcut akan berusaha untuk membangun file-file tersebut pada setiap Drive dan Folder yang ada dalam komputer. Semakin banyak folder yang tersimpan maka akan semakin banyak shortcut yang dibuat nya. Jika dibiarkan maka akan memberatkan kinerja komputer kita. Maka kita harus ambil langkah untuk membasmi virus shortcut sampai tuntas dari komputer kita.
Berikut langkah yang dapat kita lakukan untuk membersihkannya :

1. Matikan system restore

Klik kanan My computer > Properties > system restore, berikan tanda centang pada kotak kecil Turn off system restore on all Drives, > OK
langkah ini bertujuan agar induk virus tidak lagi dapat mengembalikan file-file yang nantinya akan kita Hapus.

2.  mematikan wscript.exe
Buka Start Menu pilih Search pilih All Files and Folder, pada kotak text All or Part of the File name ketikkan wscript.exe, setelah selesai anda akan menemukan 2 file wscript.exe, silahkan double klik file tersebut dan pada jendela windows script Host setting silahkan anda centang kotak kecil bertuliskan Stop Script after specified number of seconds, tekan tombol Apply kemudian OK

3. Hidden File and Folder
Pada jendela explorer buka menu View pilih Folder Option, kemudian pilih tab View pada jendela Folder Option,
  1. silahkan pilih Show hidden files and folder pada hidden file and folder
  2. hilangkan centang pada hide Extensions for known File type
  3. hilangkan centang pada Hide Protected operating system files ( recommended )
4. Hapus file buatan virus
 Menghapus File-File yang di ciptakan oleh virus dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan fitur pencarian pada windows. Pada jendela pencarian ( Search ) silahkan Pilih All Files and Folder, pada kotak text All or part of the File name ketikkan autorun.inf, pada kotak Look in pilih My Computer dan pada more advance option berikan centang pada setiap kotaknya tekan tombol Search setelah pencarian selesai silahkan anda Hapus semua File yang di temukan, Hapus secara permanen ( Shift+Del )
Untuk selanjutnya silahkan anda ulangi pencarian untuk file-file Virus yang lain ( file yang dibuat oleh virus tertera diatas ) dan Hapuslah secara permanen
Namun untuk File berekstensi .lnk ketikkan *.lnk untuk mencarinya, sebelum menghapus file-file ini perhatikan hal berikut jika saat anda dekatkan pointer mouse pada file tersebut maka anda mendapati sebuah link yang mengarah pada windows/system32, maka file itulah yang dibuat oleh virus shortcut. Jadi hati-hatilah karena windows juga memiliki file dengan eksistensi .lnk
5. usir folder recycler
Menghilangkan Folder Recycler dengan Paksa secara permanen
dapat menggunakan fasilitas command prompt, lalu masuk pada Drive Falshdisk anda. Jika Flashdisk anda terdeteksi sebagai drive G maka ketikkan G: enter, sehingga anda akan di bawa ke ruang drive G
kemudian ketikkan perintah berikut :
rd /s recycler ( ini perintah untuk menghapus Folder recycler, karena biasanya Folder ini tidak dapat di hapus )

nah sobat netter, itulah beberapa cara membasmi virus shortcut dari komputer. Cara ini dilakukan apabila antivirus anda tidak dapat membersihkan virus shortcut tersebut.
Sekian dulu postingan kali ini semoga bias bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih telah membaca artikel mengenai cara membasmi virus shortcut dari komputer di blog aye
Share this article :

4 comments:

  1. terima kasih atas infonya, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. sudah lama saya mencari ilmu ini gan.. bahkan kocek pun tak terhitung lagi keluarnya..

    terima kasi ilmu nya..


    salam bloger

    ReplyDelete
  3. bang , abis rd /s recycle kan ada yes or no , kalo yes tulisnya gimana bang ??
    Tolong Jawab !! Jangan asalcopas blog orang LOE !!!

    ReplyDelete

Siapa saja boleh berkomentar, asal jangan spamming dan kalau bisa sesuai dengan tema blog ini Belajar Bersama | Diskusi Bersama | Maju Bersama

 
Tentang template : Template Simpel
Copyright © 2012. BLOG KONTROVERSI INDONESIA™ - All Rights Reserved
Template Dibuat oleh Creating Website Ditata ulang Neng Cici
Proudly powered by Blogger